Fitur yang Wajib Hadir Dalam Seragam Kerja

Seragam kerja mampu menciptakan rasa memiliki dan kebersamaan, sehingga para pemakainya akan merasa ”berada di dalam lingkaran sosial mereka sendiri.

Terutama di dalam budaya kerja Indonesia yang biasanya mengutamakan rasa kebersamaan, kesatuan, dan pola pikir untuk saling membantu sama lain, seragam kerja ini dapat meningkatkan semua hal positif tersebut secara lebih efektif.

Nah, semua hal tersebut tentunya harus didukung oleh kita sebagai pemilik perusahaan atau atasan tim di dalam sebuah divisi.

Menurut sebuah Konveksi Bandung bernama SeragamKerjaku.id, ada beberapa faktor yang harus kita pertimbangkan demi memastikan kenyamanan saat seragam kerja tersebut dikenakan.

Setidaknya ada 5 fitur yang wajib kita penuhi dalam seragam kerja, yang akan kita bahas lebih lengkap berikut ini.

5 Fitur Utama Seragam Kerja Perusahaan

Secara garis besarnya, pakaian atau seragam kerja kita sebagian besar haruslah menunjukkan identitas perusahaan secara keseluruhan, entah dari sisi desain maupun warnanya.

Jika dilakukan secara tepat, maka para karyawan akan menyumbang banyak sekali nilai positif, keyakinan klien, dan pencapaian tingkat tinggi secara konsisten yang berpengaruh terhadap brandingan merk kita.

Secara lebih detailnya, berikut adalah 5 aspek utama yang harus kamu perhatikan untuk membuat seragam kerja yang unik dan menonjol diantara para persaingan pasar yang begitu ketat.

Identitas Perusahaan dan Warna

Identitas perusahaan (merk) dan warna pakaian menjadi dua elemen yang paling banyak membantu pelanggan kita dalam mengenali produk atau nama bisnis yang tengah kita jalankan.

Semakin banyak karyawan kita yang mengenakan pakaian sama dengan tampilan seragam, maka akan semakin kuat pula pesan yang dikirimkan kepada khalayak umum karena semua staff kita bekerja untuk tujuan yang sama.

Selanjutnya, warna seragam juga haruslah disesuaikan dengan merk perusahaan atau mengikuti psikologi pelanggan terhadap produk yang kita jual.

Misalnya, warna biru untuk perbankan, hijau untuk kesehatan, perak untuk digital, dan lain sebagainya.

Kecocokan Seragam Kerja

Kesesuaian pakaian kerja sangatlah penting bagi para pemakainya agar tetap merasa nyaman saat melakukan tugas harian mereka.

Jika kenyamanan bisa mereka dapatkan, maka tampilan fresh dan menyenangkan pun secara otomatis dapat terpancar dengan jauh lebih mudah.

Pasalnya, kenyamanan tersebut erat hubungannya dengan mood para karyawan kita. Dimulai dari desain, suhu, dan bahan – semuanya saling terkait antara satu sama lain.

Kecocokan yang baik pada seseorang ini pun dapat membuat pemakaianya merasa percaya diri dan nyaman, sampai-sampai harus membuat mereka merasa tengah mengenakan pakaian kasual sehari-hari.

Bahan Seragam Kerja

Seperti yang sudah disebutkan di atas, material utama dari seragam kerja sangatlah memainkan peran penting terhadap kenyamanan para pemakaianya seharian penuh.

Tapi manfaatnya tak hanya itu saja! Kain perusahaan yang mengikuti standar kerja biasanya mampu memberikan kinerja lebih baik berkat kualtiasnya yang jauh lebih tinggi daripada fashion harian yang dikenakan.

Makanya, bahan kain yang pas dapat membuat pakaian lebih tahan lama, kuat, mudah dirawat, anti kusut, dan tidak terlalu membebani tubuh berkat bobot beratnya yang disesuaikan.

Alhasil, penggunaan bahan berkualitas baik dapat mengurangi waktu dan biaya perawatan dalam jangka panjang, setidaknya selama karyawan kita bekerja di perusahaan kita.

Kepraktisan

Kepraktisan pakaian kerja juga masuk ke dalam salah satu kunci utama penting bagi para karyawan kita.

Singkatnya, setiap pakaian atau seragam haruslah cocok untuk tujuan dan jenis pekerjaan tertentu.

Tujuannya hanya satu, yakni penampilan (untuk perusahaan di bidang hospitality) atau keselamatan (bagi karyawan yang bekerja di pabrik atau di depan mesin).

Maka dari itulah, sebelum benar-benar melakukan pemesanan dalam jumlah besar, ada baiknya kamu melakukan desain mengikuti aturan SNI atau melibatkan karyawan agar lebih mudah dipersonalisasi nantinya.

Gaya dan Fashion

Khusus bagi perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan dan hospitality, maka gaya dan mode bisa menjadi pengaruh yang begitu kuat.

Seragam memang memainkan peran besar dalam aktivitas bekerja karyawan kita sehari-hari, sehingga penting bagi kita untuk mendesain seragam kerja yang tak terlalu ramai agar nantinya bisa dipersonalisasi sendiri oleh karyawan kita menurut selera dan kreativitasnya masing-masing.

Faktor ini nantinya akan berefek pada karyawan kita yang diharapkan mampu menikmati setiap momen kerja saat mengenakannya.

Meskipun begitu, pastikan gaya personalisasi tersebut tidak menghilangkan atau menghalangi merk perusahaan kita secara sebagian atau utuh.

Jadi buat aturan tersebut di awal-awal tepat sebelum kamu membagikan seragam kerja kepada semua staff perusahaan.

Jika dilakukan secara tepat, maka karyawan kita pun memiliki kesempatan untuk mendapatkan gaya dan mode seragam yang sesuai dengan selera mereka, sekaligus mewakili merk produk kita sepenuhnya untuk kebutuhan branding, reputasi, dan pemasaran.

Cara Membuat Seragam Kerja Berkualitas Baik

Setelah kamu berhasil menentukan fitur apa saja yang akan disematkan di dalam seragam kerja tersebut, maka tugas selanjutnya adalah membuatnya menjadi pakaian berkualitas tinggi.

Sekalipun dikenakan oleh para staff dan karyawan kita, namun seragam perusahaan akan mewakili wajah perusahaan secara utuh, sehingga tak boleh asal dalam memilihnya.

Maka dari itulah, perhatikan 3 hal berikut agar seragam kerja perusahaan kamu tidak gagal!

Pahami Siapa Pemakainya

Fitur-fitur yang telah kita tentukan di atas sebenarnya bukan untuk membuat seragam kerja kita menjadi nampak keren, melainkan disesuaikan dengan peran dari karyawan kita masing-masing.

Pekerjaan yang berbeda pastinya memerlukan fitur yang beragam pula. Misalnya, celana kerja yang sedikit tebal lebih pas dikenakan oleh staff yang bekerja di bagian gudang.

Sementara pakaian halus, lembut, dan nampak bersinar harus dikenakan oleh mereka yang membutuhkan tampilan menawan di bidang pelayanan.

Antara Desain dan Fitur

Setelah memahami siapa yang akan memakainya, barulah kita mulai melakukan desain disesuaikan dengan fitur yang dibutuhkan.

Seragam kerja terbaik adalah pakaian yang mampu memberikan kenyamanan dan berkonsentrasi pada kebutuhan kinerja staff kita.

Misalnya, seragam para engineer biasanya akan lebih banyak membutuhkan saku dibandingkan dengan staff kantoran. Kemudian seragam yang tak terlalu berat dengan kain bernafas cocok dikenakan oleh para staff lapangan – dan sebagainya.

Tentukan Jasa Konveksi Terbaik

Jasa konveksi juga memainkan peran besar terhadap hasil jadi seragam kerja kita nantinya.

Percuma juga jika kita menyewa desainer sekelas Ivan Gunawan namun jasa konveksinya malah ecek-ecek.

Untuk menghindarinya ada beberapa faktor yang wajib kamu perhatikan, dimulai dari pengalaman (berapa lama perusahaan konveksi tersebut telah berdiri) hingga cara melayani kita.

Salah satu yang direkomendasikan karena rentang pengalaman dan hasil jadinya yang menawan adalah SeragamKerjaku.id.

Seragam perusahaan sangatlah penting demi menciptakan citra yang baik bagi merk bisnis dan produk kita, sehingga pemilihan jasa konveksi tak bisa ditawar-tawar!

Apalagi jika pakaian tersebut dikenakan setiap waktu selama bertahun-tahun, maka kualitas bahan dan tekhnik pembuatannya membutuhkan keahlian yang tak sedikit.

Semakin bagus seragam kerja yang kita buat, maka akan semakin meningkatkan kinerja karyawan kita secara optimal.

 

Leave a Comment