Tips Membangun Kepercayaan Bisnis Dengan Seragam Kerja

Tanpa perlu diragukan lagi, seragam kerja telah berhasil membantu meningkatkan moral staff karyawan kita sambil membangun brandingan dan visibilitasnya bagi calon pelanggan.

Namun tahukah kamu jika seragam kerja pun ternyata dapat membangun kepercayaan bisnis?

Bukan hanya antara sesama karyawan dan atasan saja, juga dengan calon pelanggan, target market, dan masyarakat umum secara keseluruhan.

Apalagi jika setiap seragam kerja tersebut memang dirancang secara khusus sesuai dengan jobdesk dari karyawan kita!

Tak heran jika berbagai macam perusahaan garmen dan konveksi Bandung memberikan pilihan pakaian dengan beragam style, desain, dan tujuan penggunaannya.

Cara Seragam Kerja Membangun Kepercayaan

Kepercayaan dengan kostumer sangatlah penting karena sudah menjadi salah satu pondasi dari bisnis yang sukses.

Bahkan menurut Tim Ferris melalui sebuah bukunya yang berjudul 4-Hour Workweeks menuliskan bahwa memiliki sedikit “klien yang percaya” cenderung jauh lebih baik daripada memiliki ribuan klien yang malah mengambil banyak resource.

Dan untuk menemukan klien dengan tingkat kepercayaan yang tinggi, maka seragam kerja menjadi salah satu batu loncatan terbaik. Ini karena kebanyakan orang lebih senang menilai seseorang dari tampilan luarnya terlebih dahulu.

Selanjutnya, ada alasan kenapa seragam kerja bisa membangun kepercayaan pelanggan untuk menjadi pembeli tetap.

Daftarnya adalah sebagai berikut:

Meningkatkan Visual Branding Secara Konsisten

Pelanggan baru sebagian besar biasanya kurang begitu yakin untuk menggunakan jasa yang disediakan oleh perusahaan tertentu – terutama bagi para pelaku usaha baru.

Namun, seragam kerja dapat mengubah pandangan pelanggan yang ragu tersebut, tak peduli apakah bisnis kamu berskala raksasa, menengah, hingga UMKM sekalipun.

Kesan pertama adalah segalanya!

Seragam bersih nan rapi akan membuat kita atau staff karyawan menjadi terlihat lebih profesional dan meyakinkan untuk memenuhi kebutuhan, keinginan, dan harapan pelanggan.

Sebagai bonus, seragam kerja bisa menjadi media brandingan dan promosi yang optimal.

Kohesivenitas Karyawan

Memberikan staff karyawan kita dengan seragam kerja perusahaan akan memberikan konsistensi visual!

Konsistensi ini nantinya bisa membedakan kita dengan perusahaan lain yang menjual produk barang dan jasa sejenis.

Di saat yang bersamaan, perbedaan ini akan menjadi keunikan tersendiri untuk mengkomunikasikan kepada pelanggan, namun tetap bekerja bersama sebagai tim di antara sesama karyawan.

Dengan melihat kekompakan tersebut (sekalipun terlihat dari luar penampilan), kepercayaan pelanggan dapat tumbuh dan meningkat karena secara tersirat mereka bisa tahu bahwa kita akan selalu ada untuk mereka dan mudah untuk didatangi jika ada hal-hal yang kurang membuat mereka nyaman.

Membantu Perusahaan Menjadi Autoriti di Market Tertentu

Selain menjaring pelanggan baru yang nampak potensial, seragam kerja juga telah terbukti mampu mempertahankan pelanggan lama berkat kepercayaannya yang terus tumbuh dari waktu ke waktu.

Apalagi jika klien tersebut sudah seringkali berinteraksi dengan karyawan kita yang berseragam, maka pengalaman positif akan terus terpatri di otak mereka.

Semakin menonjol dan pantas pakaian ngantor kita, maka akan semakin mudah untuk diingat oleh pelanggan – baik dari sisi warna, merk, nama, produk, dan logo perusahaan.

Apalagi jika karyawan berseragam kamu memiliki pengetahuan yang luas di bidang jasa yang tengah kamu jual, maka otoritas perusahaan akan semakin meningkat secara drastis.

Jadi, pastikan juga kamu bekali mereka dengan ilmu. Perpaduan antara pengetahuan dan penampilan yang menarik bisa mengalahkan para pesaing!

Kepercayaan Diatas Kepercayaan

Dengan memberikan seragam kerja kepada karyawan kita, maka secara tak langsung kita mengkomunikasikan bahwa perusahaan sangatlah mempercayai mereka seutuhnya – sebagai wakil dan wajah perusahaan secara keseluruhan.

Dari sana, para karyawan kita akan bekerja secara optimal untuk membangun kepercayaan pelanggan sebagai bagian dari timbal balik yang positif.

Jadi sebelum buru-buru meminta staff karyawan untuk mencari pelanggan dan membangun kepercayaan, pastikan dulu kamu memberikan kepercayaan kepada mereka dengan menyuguhkan seragam kerja lengkap bersama logo perusahaan yang terpatri di sana.

Meningkatkan Kenyamanan Pelanggan

Setelah kepercayaan berhasil didapatkan oleh pelanggan, maka mereka akan semakin nyaman untuk terus bekerja sama dengan kita.

Untuk itulah, pastikan kamu memberikan seragam kerja dengan bahan berkualitas baik, nyaman, dan dibuat oleh penyedia jasa konveksi terkemuka seperti SeragamKerjaku.id.

Sebaliknya, ketidaknyamanan seragam kerja yang dikenakan akan terlihat dari bahasa tubuh mereka, yang kemudian membuat calon pelanggan berhamburan lari ke kompetitor kita.

Kondisi semacam ini sering kali menjadi faktor utama perusahaan atau pelaku usaha gulung tikar.

Jadi, tak ada ruginya untuk memberikan karyawan kita seragam kerja berkualitas tinggi secara gratis!

Tips Membuat Seragam Kerja untuk Membangun Kepercayaan

Seragam kerja sangatlah memainkan peran penting dalam memastikan pelanggan untuk mengenali wajah perusahaan dan membangun kepercayaan dalam jangka panjang.

Untuk alasan ini jugalah, kita tak boleh ngasal dalam membuat seragam kerja karena dapat berdampak secara nyata untuk bisnis kita nantinya.

Biar lebih amannya, silahkan ikuti tips singkat berikut ini!

Pilih Desain yang Sesuai

Seragam kerja hadir dalam beragam tipe, desain, gaya, warna, dan tujuan.

Jadi pastikan dulu kamu meninjau opsi tersebut dan disesuaikan dengan jenis pekerjaan dari masing-masing karyawan atau staff yang terlibat.

Dimulai dari kantor hingga outdoor, semuanya harus nampak serasi, seimbang, dan dibuat dengan bahan terbaik mengikuti aturan standarisasi yang berlaku.

Jangan salah, sekalipun sebagian besar waktu karyawan kita bekerja di dalam ruangan, namun masih tetap dibutuhkan untuk meningkatkan kepercayaan karyawan.

Tak jarang dari klien yang ingin mengunjungi pabrik, gudang, dan kantor sebagai bagian dari survey sebelum akhirnya kesepakatan panjang berhasil dilakukan.

Nah, jika karyawan kita terlihat rapi dan berwibawa dengan seragam kerja yang dikenakannya, maka kesepakatan bisnis bisa lebih mudah tercapai.

Tawarkan Pilihan Kepada Karyawan

Tawarkan beberapa pilihan desain, warna, dan fitur yang akan disematkan di seragam kerja sebelum benar-benar dibuat.

Cara ini sudah terbukti mampu membantu staff karyawan lebih nyaman dan percaya diri dalam mengenakan seragam kerja mereka.

Kemudian, barulah kebijakan mengenakan pakaian bisa kamu buat, disusul dengan alasan yang logis.

Misalnya, pekerja pergudangan, pabrik, dan permesinan dilarang mengenakan aksesoris demi alasan keamanan.

Sementara pekerja lapangan tidak diperkenankan berperilaku tidak sepantasnya baik di hadapan maupun di belakang klien – setidaknya selama mereka masih mengenakan pakaian kerja.

Mudah Dikenali Oleh Pelanggan

Warna dan posisi logo sangatlah memainkan peran penting untuk tujuan yang satu ini.

Sebisa mungkin kamu harus menempelkan logo atau nama perusahaan di atas warna kain yang kontras.

Misalnya, jika logo perusahaan berwarna biru, maka kamu bisa menggunakan seragam kerja dengan warna dasar abu-abu atau putih. Jika logo berwarna merah, maka bisa menggunakan seragam kerja hitam. Dan sebagainya.

Perpaduan dan kekontrasan warna ini telah banyak membantu meningkatkan efisiensi brandingan merk diantara para pelaku UKM hingga perusahaan unicorn.

Jika tak yakin akan penggabungan warna tersebut, silahkan konsultasikan dengan penyedia jasa konveksi masing-masing ya!

Leave a Comment